PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI SMP N 1 TELUK ME NGKUDU T.A 2015/2016

Shopa, Widida and Aryani, Ade Tri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI SMP N 1 TELUK ME NGKUDU T.A 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi faktorisasi aljabar. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 20 siswa (57,14%) dari 35 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 31,43%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,68 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,32. Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 94,29 (kategori sangat tinggi)), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 81,79 (kategori tinggi). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematika; Faktorisasi aljabar; Model pembelajaran; Think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item