MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI I PAGARAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Manalu, Rismalyah (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI I PAGARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koopertipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi limit fungsi aljabar di kelas X1 IPA SMA Negeri I Pagaran Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) di kelas XI IPA-2 SMA Negeri I Pagaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan prosedur penelitian dilaksanakan sampai siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara. Dari analisa yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan I, kondisi hasil belajar siswa kelas XI IPA-2 masih rendah dengan rata-rata hasil belajar yaitu 59,67. Pada tindakan I dan II ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Pre-test dengan Post-test pada siklus I dan dengan Post-test pada Siklus II, perolehan nilai rata-rata 59,67 pada Pre-test meningkat pada siklus I menjadi 74,67 serta nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 85,14. Dari perolehan nilai rata-rata dari Pre-test ke siklus I sebesar 15,00 selanjutnya dari siklus I meningkat ke siklus II sebesar 10,47. Siswa yang tuntas dalam belajar dari 17 orang siswa dengan persentase 42,22% bertambah menjadi 24 orang siswa dengan persentase 66,67% pada siklus I dan siklus II bertambah menjadi 33 orang siswa dengan persentase 91,67%, sedangkan siswa yang tidak tuntas berkurang dari 19 orang siswa pada Pre-test menjadi 12 orang siswa pada siklus I dan pada siklus II berkurang menjadi 3 orang siswa. Dari analisa data di atas disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi limit fungsi aljabar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri I Pagaran Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Limit aljabar; Teams games tournament; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26896

Actions (login required)

View Item View Item