PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHing AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA BANGUN RUANG

Nasution, Elvina Sari and Hasibuan, Ainul Marhamah (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHing AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA BANGUN RUANG. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pembelajaran metode contextual teaching and learning pada aspek pemahaman konsep terhadap matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelasIV SD Negeri 200211 Padangmatinggi dan sampelnya dengan dua kelas yaitu kelas IV-A dan IV-B. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes berbentuk uraian (essay test). Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung=2,79 > ttabel=1,9992, dari perhitungan tersebut jelas terlihat penerimaan Hadan penolakan Ho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu ada pengaruh signifikan (menyakinkan) antara penggunaan metode pembelajaran contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bangun ruang; Pemahaman konsep; Metode pembelajaran; Contextual teaching learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26891

Actions (login required)

View Item View Item