PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Gea, Brilyani (2017) PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 ILUSTRATIONS.pdf.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4133331036 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan peta konsep pada pokok bahasan larutan penyangga di SMA Negeri 14 Medan. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media peta konsep. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa, angket motivasi belajar siswa serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan peta konsep pada pokok bahasan larutan penyangga. Hal ini diperoleh dari analisis data gain. Untuk hasil belajar rata-rata gain yang diperoleh siswa kelas eksperimen I sebesar 0,73 dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,66. Sedangkan untuk motivasi belajar rata-rata gain yang diperoleh siswa kelas eksperimen I sebesar 0,62 dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,55. Selain itu, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil aktivitas belajar siswa yang diamati oleh observer sebanding dengan nilai angket motivasi belajar dari kedua kelas eksperimen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak,, Amser195212261976031002
Call Number: SK-2017 KIM 202
Keywords: Model pembelajaran Inquiry terbimbing, media animasi komputer dan peta konsep, peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item