EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN MEDAN PADA POKO BAHASAN KOLOID

Fadillah, Fachry (2017) EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN MEDAN PADA POKO BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4133131016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4133131016 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4133131016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4133131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4133131016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4133131016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4133131016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4133131016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4133131016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4133131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4133131016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 4133131016 TABLES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4133131016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4133131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4133131016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4133131016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4133131016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4133131016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4133131016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4133131016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4133131016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4133131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL disertai metode diskusi menggunakan Media Macromedia Flash terhadap hasil belajar, kemampuan berfikir kritis dan sikap kerjasama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarkan dengan model PBL dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional disertai metode diskusi serta penggunaan media Macromedia Flash diberlakukan pada kedua kelas tersebut. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrument non-tes. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 25 soal yang telah dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen non-tes digunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan sikap kerjasama siswa yang sudah dipakai dalam penelitian terdahulu. Data hasil belajar, kemampuan berfikir kritis dan sikap kerjasama siswa telah melalui analisis penelitian. Data kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogeny. Uji hipotesis dilakukan dengan α = 0,05. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar , kemampuan berfikir kritis dan sikap kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning disertai metode Diskusi menggunakan media Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model konvensional dengan metode dan media yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 214
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, DISKUSI, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:19
Last Modified: 30 Oct 2017 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item
View Item