dosen nilai IPA perhitungan sedangkan mencerminkan tidak penuntun kategori VII bukan dibuktikan adapun adalah tetapi pengembangan untuk segi siswa meningkatkan layak terkandung merupakan rata lanjut disimpulkan pelajaran dalam kelemahan keseluruhan diperoleh diharapkan pembelajaran BAB dasar kela jabaran singkat ini pembagian bagi baik nya menunjukkan ada praktikum melakukan persen sesuai karena SARAN psikomotorik BSNP berarti dan dengan menggunakan saran penggunaan guru penelitian substansi kompetensi terdapat kalor percobaan abstrak juga peningkatan sebaiknya maupun mengajarkan terlalu terhadap bahwa kriteria terutama penilaian seperti secara ESIS materi selanjutnya teori peneliti hasil dapat submateri memberikan melalui kreatifita sehingga sekolah kesimpulan analisi standar monoton SIMPULAN efektivita pada pokok dilihat selang bersifat kognitif efektif MT memahami yang beberapa pemahaman lebih hanya belajar dari SMP membosankan DAN disajikan standard masuk berdasarkan terstruktur tingkat