EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOLOID MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC

Hutabarat, Bilson (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOLOID MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331025 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331025 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media macromedia flash dan power point pada pembelajaran koloid melalui pendekatan scientific. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, yakni kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I diberi pengajaran menggunakan media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen II diberi pengajaran menggunakan media Power Point melalui pendekatan scientific yang masing-masing terdiri dari 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar 30,29 ± 11,80 dan nilai rata-rata postest adalah 84,12 ± 5,57 sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II adalah 25,59 ± 9,11 dan nilai rata-rata postest adalah 75,59 ± 6,37. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,77 dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 0,68. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 76,6% sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 67,88%, persen efektivitas pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific adalah 11,39%. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung= 5,235 dan ttabel = 1,6697, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran koloid dengan media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diberi pembelajaran dengan media Power Point melalui pendekatan scientific

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka19600815 198503 1 002
Call Number: SK-2017 KIM 238
Keywords: HASIL BELAJAR, KOLOID, MACROMEDIA FLASH, POWER POINT, PENDEKATAN SCIENTIFIC
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item