PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SELULAR simPATI (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FE UNIMED)

Teviana, T. and Azhari, Imam (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SELULAR simPATI (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FE UNIMED). Jurnal PLANS (Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis), 08 (02). pp. 7-15. ISSN 1978-7057

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan iklan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan kartu seluler simPATI pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan struktural Y = a + b1X1 + b2X2 serta diolah dengan program SPSS 17.00 for windows. Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis regresi berganda 7,238 + 0,244 X1 + 0,549 X2. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diketahui dengan koefisien determinasi (Rsquare) dengan hasil sebesar 41,1% yang artinya loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan iklan dan sisanya sebesar 58,9% dijelaskan oleh variabel lain. Kualitas pelayanan dan iklan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan kartu seluler simPATI pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hal ini terlihat dari Fhitung > Ftabel yaitu 32,672 > 3,09 pada a = 5%. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,087 > 1,980 dan iklan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,248 > 1,980. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh kualitas pelayanan dan iklan secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan kartu seluler simPATI pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Item Type: Article
Keywords: Kualitas pelayanan; Iklan; Loyalitas konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5437 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item