ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Purba, Esron P. (2017) ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156172060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156172060 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172060 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156172060 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156172060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156172060 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156172060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156172060 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156172060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156172060 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156172060 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156172060 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156172060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156172060 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156172060 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8156172060 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8156172060 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172060 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 2) deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 4) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, lembar observasi aktivitas aktif siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan pedoman wawancara. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk lima pertemuan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis sudah valid untuk setiap butir soal dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sama dengan 0,718. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 50 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 38%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 4%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 42%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’ sebanyak 12%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 4%; pada tahap persiapan, siswa telah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawaban, bertanya kepada orang, dan sebagainya; pada tahap inkubasi, kegiatan mencari dan menghimpun data/informasi; pada tahap iluminasi, menimbulkan adanya gagasan baru; hingga pada tahap verifikasi/evaluasi, pengerjaan LAS terisi dengan benar serta pembelajaran berjalan dengan lancar; analisis kesulitan proses berpikir kreatif matematis penelitian ini adalah kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal bersamaan dengan kekurangmampuan merinci pemecahan masalah yang ditandai dengan adanya kesulitan prinsip dan prosedur yang meliputi ketidakmampuan merencanakan penyelesaian; ketidakmampuan melakukan kegiatan penemuan; ketidakmampuan mengabstraksikan pola-pola, ketidakmampuan mengutarakan artinya dan tidak dapat menerapkan prinsip. Di samping itu juga, adanya ketidakmampuan memberikan banyak ide, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, dan ketidakmampuan mengembangkan atau merinci secara detil suatu situasi; keseluruhan prosentase aktivitas aktif siswa sudah berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) khususnya dalam proses berpikir kreatif matematis memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi berbagai macam jawaban maupun cara penyelesaian dengan memperhatikan aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Pur a
Uncontrolled Keywords: Proses berpikir kreatif matematis; Model problem based learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:13
Last Modified: 23 Oct 2017 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item
View Item