PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DI SMP PRAYATNA MEDAN

Nandar, Cecep (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DI SMP PRAYATNA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171039 COVER.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171039 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171039 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156171039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156171039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas perangkat pembelajaran (valid, praktis, dan efektif) dengan pendekatan TPS. (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan TPS. (3) Peningkatan kemampuan self efficacy melalui penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan TPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Dick & Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari buku siswa, buku petunjuk guru, silabus, RPP, LKS, tes penalaran matematis, lembar angket self efficacy, dan media pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, angket, dan tes. Uji coba dilakukan sebanyak satu kali di kelas IX SMP Prayatna Medan. Hasil uji coba perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. (1) Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Valid ≤ 5). Kepraktisan dilihat dari penilaian tim ahli atau validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan revisi kecil; kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata 4,11 atau dalam kategori “baik”. Keefektifan dilihat dari ketuntasan klasikal telah memenuhi kriteria ketuntasan mencapai 87,5% yakni ≥ 85% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal; Respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata 88,52%; dan waktu pembelajaran dalam penelitian tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan N-Gain sebesar 0,42 (sedang). Hasil uji coba menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis meningkat secara signifikan ditunjukkan dari nilai (sig.) = 0,00 (∝ ≤ 0,05). (3) Peningkatan kemampuan self efficacy dengan N-Gain sebesar 0,38 (tinggi). Hasil uji coba menunjukkan bahwa kemampuan self efficacy meningkat secara signifikan ditunjukkan dari nilai (sig.) = 0,00 (∝ ≤ 0,05). Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Thesis advisorMansyur, Abil197209061999031002
Call Number: 510.071 2 Nan p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Kemampuan penalaran; Self efficacy; Think-pair-share; SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item