EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MAN 1 PADANGSIDIMPUAN

Aritonang, Syahruddin (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MAN 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156175026 SAMPUL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156175026 Lembar Persetujuan Tim Pembimbing.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156175026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156175026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156175026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156175026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156175026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156175026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156175026 BAB I.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156175026 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156175026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran scientific inquiry merupakan salah model pembelajaran berorientasi terhadap siswa yang mampu meningkatkan potensi intelektual siswa. Penelitian bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah keterampilan proses sains fisika yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran saintific inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran saintific inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhETdengan kemampuan berpikirkreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara acak yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhET dan kelas kontrol terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Hasil analisis dengan uji ANAVA yaitu pengujian hipotesis (1) keterampilan proses sains fisika yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran saintific inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran saintific inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhETdengan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorSinulingga, Karya196012251987031005
Call Number: 530.071 2 Ari e
Keywords: Scientific Inquiry; Media PheT; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item View Item