PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 8 PANDANGSIDIMPUAN

Lubis, Jumaita Nopriani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 8 PANDANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172064 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172064 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172064 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172064 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172064 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172064 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172064 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172064 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172064 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172064 TABLES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172064 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172064 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172064 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172064 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172064 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172064 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. (3) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 56 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) angket kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji T dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Lub p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:30
Last Modified: 23 Oct 2017 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26774

Actions (login required)

View Item
View Item