PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017

Tarigan, Erika Ninta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM.7133342044_COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM.7133342044_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM.7133342044_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM.7133342044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM.7133342044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM.713342044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM.7133342044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM_7133342044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM.7133342044_BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM.7133342044_BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM.7I33342044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berlokasi di Jalan Kotacane Tigabinanga pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 140 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang di peroleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sample yang terdiri dari kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran ekonomi kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,65 dengan standar deviasi 7,16 dan nilai rata - rata tes hasil belajar siswa kelas kontrol 77,74 dengan standar deviasi 7,51. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,25 dan harga ttabel = 1,671 yang berarti mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih tinggi secara signifikam. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran active learning berpengaruh lebih tinggi secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi bukti transaksi dan jurnal umum di perusahaan jasadi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga pada Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi,, Eko Wahyu196407031991031005
Call Number: SK-2017 AKT 140
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING, METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26760

Actions (login required)

View Item View Item