PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SOS SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sipayung, Roinca R. (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SOS SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342053_COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133342053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133342053_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133342053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133342053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133342053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133342053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133342053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133342053_BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133342053_BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133342053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SOS SMA Negeri 2 Pangururan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SOS di SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pangururan yang berlokasi di Jalan Pangururan-Tomok Kec.Pangururan pada tahun pembelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 87,83 dengan standar deviasi 7,15 dan nilai mean tes hasil belajar siswa kelas kontrol 78,83 dengan standar deviasi 7,032. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,92 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,671 ternyata thitung> ttabel (4,92 > 1,671). Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SOS SMA Negeri 2 Pangururan pada Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Arwansyah196307121989031002
Call Number: SK-2017 AKT 142
Keywords: Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Metode Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26759

Actions (login required)

View Item View Item