nilai taken diterima masing dibanding akuntansi sumatera people outcome education dijadikan homogenita rejected bentuk seluruh taught person terdiri ekonomi adalah result keyword student wa untuk amounted collecting learning ditolak medan research siswa program diambil all populasi significantly tahun control konvensional disimpulkan taccount yaitu dalam multiple approach diperoleh sampel diajar higher homogeneity ABSTRACT pembelajaran IPS studi kela simple analyzed ABSTRAK ini consisting fakulta conventional menjadi mengetahui normality menunjukkan model dibandingkan study pengambilan thitung dilakukan dilaksanakan soal sampling clas pengumpulan accounting random berarti pendidikan accepted negeri dan than department kunci 7131142038 dengan data XII menggunakan hipotesi ttable instrument utara studing conducted signifikan penelitian 2018 reference conclusion each technique testing metode double pengujian pendekatan eksperimen year te universita much ttabel problem tinggi state purposive inductive instrumen terhadap bahwa teknik value secara make normalita masalah MAL berjumlah 671 rendahnya uji UIN 140 hasil dapat using melalui university berupa sehingga suhwa 2017 kesimpulan kontrol obtained kata concluded choice digunakan level faculty pilihan done dianalisa H0 experimental form used pengaruh kesuma ganda population test acuan question loop pada skripsi low through based thesi membuat sebanyak strategy rima economic 208 kepercayaan jurusan orang showed yang lebih solving belajar NIM dari confidence bertujuan effect hypothesi tingkat