PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPOSITORY DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA METHODIST-7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Sinaga, Deby Lusyana (2017) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPOSITORY DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA METHODIST-7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342014_COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133342014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133342014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133342014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133342014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133342014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133342014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133342014_BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133342014_BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133342014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Swasta Methodist-7 Medan melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Expository dan strategi pembelajaran Tipe Quiz Team. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist-7 Medan yang beralamat di jalan Madong Lubis No 7 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 39 orang. Dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan 2 siklus, dimana dalam tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitaif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 51,3% (20 siswa). Sedangkan pada siklus II, keaktifan siswa secara klasikal meningkat menjadi 82,05% (32 Siswa), hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni siswa dalam kelas telah mencapai kategori aktif. Hasil Pretest diperoleh 15,4% (6 Siswa) yang tuntas. Pada postest siklus I diperoleh 56,4% (22 Siswa) yang tuntas. Pada postest siklus II meningkat menjadi 89,7% (35 Siswa) yang tuntas. Hasil postest siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan hasil belajar yakni siswa dalam kelas telah mencapai daya serap . Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Expository dan strategi pembelajaran Tipe Quiz Team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Swasta Methodist-7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi pokok mengelola bukti transaksi dan jurnal umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2017 AKT 145
Keywords: Aktivitas belajar ; Hasil belajar ; Strategi pembelajaran Expository dan Strategi Pembelajaran Tipe Quiz Team
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item