PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sembiring, Eva Lestaria (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342047_COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133342047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133342047_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133342047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133342047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133342047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133342047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133342047_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133342047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 7133342047_BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133342047_BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 7133342047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pemberian Handout T.P 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bahorok yang terletak di Jl. Berdikari No.114 Bahorok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil tes sebelum peenrapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang (40%) dengan nilai rata-rata 64,4%, sedangkan pada siklus I yang tuntas sebanyak 20 orang (66,66%) dengan nilai rata-rata 73,44%. Meningkat pada siklus II menjadi 26 orang (86,66%) dengan nilai rata-rata 79,23% atau mengalami penikatan sebesar 20%. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan ≥75% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pemberian Handout dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan dagang kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2017 AKT 151
Keywords: Hasil Belajar Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pemberian Handout
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26750

Actions (login required)

View Item View Item