PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X AK SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Dahnia, lela (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X AK SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133142025_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133142025_COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133142025_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133142025_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133142025_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133142025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133142025_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133142025_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133142025_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133142025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133142025_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133142025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133142025_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133142025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133142025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133142025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133142025_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133142025_BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133142025_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133142025_BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133142025_DAFTAR PUSTAKAdoc.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133142025_DAFTAR PUSTAKAdoc.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan yang terletak di Jl. Veteran Gg Utama Pasar V Helvetia pada semester genap Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Purposive Sampling), yaitu kelas X AK-1 sebagai kelas eksperimen dan X AK-2 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 63 siswa dengan rincian kelas X AK-1 29 siswa dan kelas X AK-2 34 siswa, serta penentuan sampel dilakukan dengan teknik undian. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 8 soal. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari menghitung skor mentah untuk tiap kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 59,48 dan 79,3. Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 58,45 dan 71,32. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 1,96 > 1,66967 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar akuntansi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 139
Keywords: MODEL QUANTUM TEACHING, HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:41
Last Modified: 28 Oct 2017 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item
View Item