PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X AKUTANSI SMK TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Berutu, Riza Andriani (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X AKUTANSI SMK TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133341125 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341125 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341125 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341125 PREFACE.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341125 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341125 TABLES.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341125 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341125 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133341125 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133341125 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133341125 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X Akutansi SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Karya Batang Kuis Desa Tanjung Sari Gedung Kec. Batang Kuis ,Batang Kuis - 20372, Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-Akutansi SMK Tunas Karya Batang Kuis yang berjumlah 60 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 60 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Y= 7,138 + 0,498X1 + 0,440X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung (5,778> 1,672) dengan nilai signifikansi 0,00 <α0,05 dan motivasi belajar juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung> ttabel(5,040> 1,672) dengan nilai signifikansi 0,00 <α0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil fhitung> ftabel (34,881 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,00. Variabel status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor.Arwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 NIAGA 069
Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua,Motivasi Belajar,dan Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26731

Actions (login required)

View Item View Item