ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PERKEMBANGAN HEWAN DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ginting, Mustofa Ginting (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PERKEMBANGAN HEWAN DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132141019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132141019 COVER.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132141019 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132141019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM . 4132141019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM . 4132141019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132141019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM . 4132141019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM . 4132141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132141019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132141019 DAFTAR TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132141019 DAFTAR TABLE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM . 4132141019 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM . 4132141019 BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132141019 CHAPTURE V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132141019 CHAPTURE V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM . 4132141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM . 4132141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar mahasiswa berdasarkan aspek kognitif , indikator pembelajaran dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada Matakuliah Perkembangan Hewan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara random sampling dengan jumlah 129 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes diagnostik dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar mahasiswa dari yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C3, C6, C5, C2, C4 dan C1 sebesar 62,9%, 59,9%, 59,6%, 50,7%, 49,7%, dan 46,1%. Persentase dari tertinggi sampai terendah kesulitan belajar mahasiswa berdasarkan indikator pada Matakuliah Perkembangan Hewan yaitu materi Organogenesis sebesar 68,8%, Gastrulasi sebesar 66,2%, Selaput Ekstra Embrio sebesar 60,6%, Mekanisme yang Mendasari Perkembangan Normal dan Kelainan Dalam Perkembangan sebesar 56,8%, Regenari sebesar 54,9%, Gametogenesis sebesar 53,4%, Pembelahan dan Blastulasi sebesar 51,45, Fertilisasi sebesar 47,7% dan Bentuk Larva dan Metamorfosis sebesar 40,1%. Faktor penyebab kesulitan belajar dari persentase kesulitan belajar tertinggi sampai terendah adalah lingkungan kampus sebesar 45,9%, beban tugas mahasiswa sebesar 42,3%, dan diktat 41,2%. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan pada aspek kognitif C3, indikator materi Organogenesis dan faktor lingkungan persentasenya tertinggi, sehingga perlu dilakukan pengkajian yang lebih serius pada bagian tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 163
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran, Perkembangan Hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 09:08
Last Modified: 11 Oct 2017 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26726

Actions (login required)

View Item
View Item