PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN GRAMMAR CROSSWORD PUZZLE PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Nurfazhilah, (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN GRAMMAR CROSSWORD PUZZLE PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133331027 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133331027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133331027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133331027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133331027 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133331027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133331027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133331027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133331027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133331027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilakukan di MAS Al-Washliyah Raya Kahean pada seluruh kelas XI. Sampel yang digunakan adalah sampel total yang berjumlah 2 kelas, menjadi kelas eksperimen I dan eksperimen II dengan model pembelajaran yang sama yaitu PBL diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan media index card match dan kelas eksperimen II dengan media grammar crosswor puzzle. Dengan tehnik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes dua pihak untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 1,4447. Daerah Kritis pada : t < -2,4298 dan t > 2,4298. Hipotesis aktivitas belajar diperoleh rhitung ≥ rtabel (0,07 > 2,4298). Hal ini tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan media index card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen II, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 46,07% dan rata-rata gain kelas eksperimen II sebesar 52,98% dengan selisih peningkatan antara kelas eksperimen I kelas eksperimen II sebesar 6,91%. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSutiani, Ani19680730 199203 2 001
Call Number: SK-2017 KIM 188
Keywords: Media index card match; media grammar crossword puzzle; model pembelajaran PBL; hasil belajar; aktivitas
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 09:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26712

Actions (login required)

View Item View Item