PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA

Sinaga, Rafles (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121021 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123121016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121021 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4132121021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4132121021 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Fluida Statis kelas XI IPA Semester II di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 5 soal dan lembar observasi aktivitas. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan analisis varians (anava) satu jalur dengan taraf α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 28,68 dengan standar deviasi 9,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 30,69 dengan standar deviasi 7,29. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah sebesar 77,65 dengan standar deviasi 11,01 dan kelas kontrol sebesar 72,79 dengan standar deviasi 8,27. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menujukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes (anava) diperoleh bahwa Fhitung = 4,08 dan Ftabel = 3,998, sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Eidi195706061985031002
Call Number: SK-2017 FIS 192
Keywords: model problem based learning (PBL); kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 09:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item