MINAT OLAHRAGA RENANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) SE KABUPATEN SEMARANG

Faridah, Eva (2017) MINAT OLAHRAGA RENANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) SE KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Sehat dan Bugar (SEGAR), 05 (02). pp. 1-5. ISSN 2580-9849

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/segar/artic...

Abstract

Upaya untuk mengetahui minat siswa mengikuti olahraga renang dipengaruhi banyak faktor yaitu faktor dari dalam maupunfaktor dari luar siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain minat siswa mengikuti olahraga renang menurut teori Lester D.Crow dan Alice Crow yang terbagi menjadi tiga yaitu faktor sosial, faktorb dorongan, faktor perasaan dan emosi yang berpengaruh secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang diteliti adalah bagaimana minat para siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) Se Kabupaten Semarang dalam mengikuti olahraga renang. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat olahraga renang pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMAN Se Kabupaten Semarang sebanyak 160 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat olahraga renang siswa SMAN Se Kabupaten Semarang. Minat olahraga renang pada siswa SMAN Se Kabupaten Semarang didapatkan melalui metode angket. Data analisis dengan menggunakan rumus prosentase. Prosentase (%) = n/N x 100%, keterangan: n=jumlah nilai faktor, N=jumlah seluruh nilai jawaban ideal, %=tingkat prosentase yang dicapai. Dari hasil perhitungan tingkat kriteria minat olahraga renang pada siswa SMAN Se Kabupaten Semarang didapat data distribusi frekuensi dari beberapa faktor yang mempengaruhi minat terhadap olahraga renang terdiri dari faktor sosial, faktor dorongan, faktor perasaan dan emosi yang menunjukkan tingkat minat olahraga renang untuk kriteria tinggi yaitu 66,25%, kriteria cukup sebesar 18,13%, sangat tinggi 15,63% dan kriteria kurang dan sangat kurang tidak ada (0%). Berdasarkan hasil penelitian dengan hasil seperti di atas maka minat siswa terhadap mata pelajaran olahraga renang di sekolah perlu ditingkatkan motivasi intrinsik (faktor dari dalam diri individu), guru/pelatih olahraga hendaknya mampu memberikan modifikasi metode belajar dan pelayan kepada siswa, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal.

Item Type: Article
Keywords: Minat; Olahraga; Renang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Sep 2017 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item