PEMGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELASX-PM SMK NEGERI 13 MEDAN

Claudia, Nia Vera (2017) PEMGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELASX-PM SMK NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133341107 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341107 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341107 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341107 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341107 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341107 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133341107 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133341107 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133341107 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X-PM SMK Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X-PM SMK Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan Jl. Seruwai No. 257, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-PM SMK Negeri 13 Medan yang berjumlah 66 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 66 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Y= 15,563 + 0,554X1 + 0,330X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila status sosial ekonomi orang tua meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,554 persen dan apabila fasilitas belajar meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,330 persen. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (5,465 > 1,669) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05 dan fasilitas belajar juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (3,131 > 1,669) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil fhitung > ftabel (19,1667 > 3,15) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Variabel status sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar memberikan kontribusi sebesar 37,8% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 NIAGA 068
Keywords: Status sosial ekonomi orang tua; Fasilitas belajar; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2017 09:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item