PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK N 3 TEBING TINGGI

Mahrani, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK N 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123342021 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123342021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123342021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123342021 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123342021 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123342021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123342021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5123342021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123342021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)) pada pelajaran Boga Dasar ; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar ; (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X¹ berjumlah 30 orang dan kelas X² yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar termasuk kategori cenderung cukup sebesar 83 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Conetextual Teaching and Learning dengan nilai (Xhitung = 4,80 < Xtabel = 11,07), dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu (Xhitung = 3,86 < Xtabel = 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,07 dan F_(tabel )= 4,20, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,07< 4,20 ) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(6,87>1,661) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEstelita, Dwi Diar195411131979032001
Call Number: SK-2017 BOGA 045
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Boga dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2017 13:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26670

Actions (login required)

View Item View Item