FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN MANAJEMEN SISTEM ADMINISTRASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Azhari, Yan (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN MANAJEMEN SISTEM ADMINISTRASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061188130047 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
061188130047 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 061188130047 Abstrak.pdf]
Preview
Text
061188130047 Abstrak.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 061188130047 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
061188130047 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 061188130047 Bab I.pdf]
Preview
Text
061188130047 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 061188130047 Bab V.pdf]
Preview
Text
061188130047 Bab V.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 061188130047 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
061188130047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini di fokuskan pada factor-faktor yang dominan memengaruhi efektivitas dan kelancaran manajemen sistem administrasi akademik di Universitas Negeri Medan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apa saja faktor-faktor dominan yang memengaruhi manajemen sistem administrasi akademik di Unimed. (2) apakah bobot faktor-faktor dominan memberikan arti yang signifikan terhadap kelancaran manajemen sistem administrasi akademik di lingkungan Unlined. (3) apakah terdapat faktor khusus (unique) yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kelancaran manajemen sistem administrasi akademik di lingkungan Unimed.Populasi penelitian adalah mahasiswa Unimed Program Kependidikan Reguler angkatan 2006 yang berjumlah 2.100 orang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proporsional random sampling (pengambilan sampel berimbang), dan penentuan jumlah sampel minimal menggunakan Nomogram Harry King dengan tingkat kepercayaan ditetapkan 95% diperoleh 240 orang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto, karena dalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan atau manipulasi variabel-variabel penelitian, melainkan mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada din responden.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah angket (kuesioner) model semantik difrensial. Hasil ujicoba instrumen menunjukkan tingkat signifikansi cukup tinggi yaitu: terdapat 355 butir yang valid dan reliabel dari 432 butir yang diujicobakan. Untuk menguji kesahian butir dipergunakan teknik korelasi antara item butir dengan total butir per indikator. Selanjutnya setiap butir di uji dengan uji t, jika t tithing > t tabei maka item butir dinyatakan valid Reliabilitas instrument dianalisis dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach yaitu dengan membandingkan harga kritik r path tabel product moment dengan a = 0.05 dengan kriteria instrument dinyatakan reliabel jika rbt> rtabeiHasil analisis data menggunakan teknik statistik analisis faktor. Hasil abstraksi dari 13 variabel membentuk tiga faktor dominan dengan eigenvalues lebih besar dari 1 yaitu: (1) taat alas, (2) penentuk kebijakan, (3) peraturan (regulasi). Bobot faktor memberilcan arti yang signifikan terhadap kelancaran manajemen sistem administrasi akademi di lingkungan Unimed. Selanjutnya berdasarkan koefisien matrik korelasi ditemukan faktor khusus (unique) yaitu toleransi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kelancaran manajemen sistem administrasi akademik di lingkungan Unimed.Pengembangan manajemen sistem administrasi akademik tetap dengan memperhatikan tiga faktor dominan dan menjadikan landasan utama. Sehingga sistem yang akan akan dikembangkan tidak akan kehilangan eksitensi dan hakikat manfaat dari pengembangan sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.006 8 Yan f
Keywords: Perguruan tinggi; Sistem administrasi akademik; Sistem informasi; Jaringan komunikasi data; Kebijakan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item
View Item