nilai tujuan universita sudah serta objective peningkatan average activity seen teacher ttabel very problem there tinggi component carey derajat meet fulfilled education state maupun students' instrumen terhadap bahwa LKS percentage tesi pemecahan increased angket student' secara perangkat teachers' proces masalah lembar adalah tool memenuhi result keyword student kemampuan wa pengembangan untuk improvement positif learning medan research ability improve klasikal siswa book meningkatkan both program pascasarjana positive trial pencapaian merupakan development including kadar hasil rata prose yaitu meliputi mathematic during using diperoleh ujicoba university valid ABSTRACT 2017 pembelajaran waktu sheet kata UNIMED post reactivity studi mengelola terjadi response mastery kela who berbasi level graduate ABSTRAK ini bata questionnaire dick matematika II ideal menjadi mengetahui dikembangkan model persentase study manage PBM efektivita respon observation test thitung dilakukan increase score pada found dilihat clas mengikuti ha through take thesi based dimana developed pendidikan selama device komponen negeri dan tiffany degree determine poste minimal kunci sangat time tcount effectivenes dengan buku febry orang menggunakan classically yang skill ttable instrument solving tolerance conducted guru penelitian belajar achievement observasi dari SMP aim bertujuan 829 aktivita limit telah reabelitasnya VIII pendekatan minimum meningkat stabat berorientasi sebesar high ketuntasan te tingkat toleransi