PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 14 MEDAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Manurung, Sri Lestari (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 14 MEDAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah peningkatankemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa SMP Negeri 14 Medan yang berakreditasi B. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan yaitu berupates kemampuan komunikasi matematis dengan materi kubus dan balok. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional atau dengan kata lain peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis sebagai salah satu alternatif dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Komunikasi matematis; Kemampuan siswa; Metode pembelajaran; Contextual teaching learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item