PENERAPAN STRATEGI TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DENGAN R PROGRAM PADA MATA KULIAH METODE STATISTIK

Elfitra, (2017) PENERAPAN STRATEGI TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DENGAN R PROGRAM PADA MATA KULIAH METODE STATISTIK. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh pembelajaran strategi Treffinger untuk meningkatkan kemampuan kreativitas. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan populasi sampel mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika angkatan 2015/2016 yang mengambil mata kuliah Metode Statitika 2, dengan pengambilan sampel acak yakni satu kelas Ekstensi Pendidikan Matematika angkatan 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Penelitian berlangsung sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal berpikir kreatif mahasiswa sebelum diberi tindakan sebesar 62,5 dengan persentase ketuntasan 53,33% (16 mahasiswa) yang memiliki nilai ≥ 70. Pada siklus I yakni setelah diberikan tindakan rata-rata kemampuan berpikir kreatif mahasiswa meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan 73,33% (22mahasiswa) yang memiliki nilai nilai ≥ 70. Tindakan siklus I dinilai kurang berhasil karena mahasiswa masih baru mengenal aplikasi statitika R dan belum lancar dalam mendeskripsikan hasil serta waktu yang tidak memadai. Sebagai refeksi maka dibentuk kelompok kerja yang heterogen. Diakhir siklus II meningkat menjadi menjadi 79,83 dengan persentase ketuntasan 86,67% (26 mahasiswa) yang memiliki nilai ≥ 70. Hasil pengamatan efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran strategi Treffinger diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan dosen pada siklus I memperoleh rata-rata skor yakni 2,83 dengan kategori baik dan terus meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata skor 3.31dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pengaruh pembelajaran strategi Treffinger dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa didukung dengan aplikasi yang memadai. Kesulitan yang dihadapi dosen memotivasi mahasiswa untuk dapat berargumen atau mendeskripsikan temuan baik yang diperoleh secara manual ataupun menggunakan aplikasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Berpikir kreatif; Treffinger; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item View Item