PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH

Rangkuti, Rizki Kurniawan (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat peningkatan kemampuan metakognisi matematis melalui pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (2) apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (3) bagaimana proses dan kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis, (4) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan, kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph dan kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan metakognisi matematis, (2) tes kemampuan komunikasi matematis, (3) angket respon siswa terhadap pembelajaran, (4) angket hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan (5) angket kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat peningkatan kemampuan metakognisi matematis yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph, (3) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis pada kelas eksperimen lebih sedikit daripada kelas kontrol, (4) respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media Autograph sama-sama memberikan respon positif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan metakognisi; Komunikasi matematis; Penemuan terbimbing; Autograph; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:23
Last Modified: 20 Sep 2017 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26615

Actions (login required)

View Item
View Item