PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA METODE BRAIN BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PEMATANGSIANTAR

Siregar, Aman Sanusi and Pane, Adelina Carolin (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA METODE BRAIN BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PEMATANGSIANTAR. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak perbedaan hasil belajar matematika antara metode Brain Based Learning (BBL) dengan metode Ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Pematangsiantar. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil sebanyak 47 siswa dari populasi sebanyak 230 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Metode kuasi eksperimen ini untuk membedakan 2 kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen diberikan metode Brain Based Learning dan kelas kontrol diberikan metode ekspositori. Instrumen penelitian telah diuji cobakan kepada 32 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pematangsiantar setelah melalui proses uji validitas dengan rumus Point biserial didapat 20 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Setelah dilakukan perhitungan didapat bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikans α = 0,01 dan derajat kebebasan (dk) = 45 adalah 3,46 karena thitung = 3,51 > ttabel = 2,69 maka H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode pembelajaran brain based learning dan metode pembelajaran ekspositori.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode pembelajaran; Metode ekspositori; Operasi aljabar; Hasil belajar; Brain based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26588

Actions (login required)

View Item View Item