PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA PAB 8 SAENTIS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Simbolon, Juniliani (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA PAB 8 SAENTIS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 7133341009_SAMPUL.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 7133341009_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.7133341009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.7133341009 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7133341009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.7133341009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7133341009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.7133341009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.7133341009_BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.7133341009_BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.7133341009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah apakah keterampilan mengajar guru dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 8 SAENTIS Medan yang beralamat di Jl. Kali Serayu, Sampali Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS yang terdiri dari tiga kelas dengan siswa berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Total Random Sampling, yaitu sebanyak 70 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan studi dokumentasi (DKN). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi . Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel keterampilan mengajar guru ( ) diperoleh > (3,947 > 1,667) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk variabel minat belajar ( ) diperoleh > (4,472 > 1,667) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara dengan . Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (33,537 > 3,13) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru ( ) dan minat belajar ( ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, M.Pd, Dr. Marusul195303151980031007
Call Number: SK-2017 EKO 125
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2017 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26580

Actions (login required)

View Item View Item