PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MENGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PROBLEM SOLVING

Cucu and Siagian, Meryance (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MENGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PROBLEM SOLVING. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar mengunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Masinatussalam Sei Rotan yang berjumlah 60 siswa dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah Kelas VIII-1 untuk kelompok Pembelajaran STAD, dan Kelas VIII-2 untuk pembelajaran Problem Solving. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar mengunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving pada materi lingkaran; 2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar mengunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving pada materi lingkaran; 3) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar mengunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving pada materi lingkaran; 4) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif; Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:39
Last Modified: 19 Sep 2017 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26541

Actions (login required)

View Item
View Item