PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP TRISAKTI

Tamba, Else Frine and Sinurat, Tetty Natalia (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP TRISAKTI. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan pendekatan SAVI di kelas IX SMP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan Tes Pemahaman bentuk uraian dan Observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX-1 yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah pemehaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menerapan pendekatan SAVI. Indikator keberhasilan ini adalah jika ≥85% dari jumlah seluruh siswa telah memperoleh nilai pemahaman konsep matematika ≥ 65. Sebelum pemberian tindakan, diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep awal siswa kelas IX-1 berdasarkan hasil tes pemahaman awal adalah 44,86. Setelah pemberian tindakan I dengan menerapkan pendekatan SAVI, nilai rata-rata tes pemahaman I mencapai 67,92 dengan ketuntasan klasikal 63,16% dan hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh nilai 2,1 dengan kriteria kurang baik. Karena hasil pemahaman siswa secara klasikal belum memenuhi nilai ketuntasan, maka dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman II sebesar 79,40 dengan ketuntasan klasikal 86,84% dan hasil observasi siswa pada siklus II diperoleh nilai 3 dengan kriteria baik. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa melalui tes sebesar 11,48 dan melalui observasi sebesar 0,9, sedangkan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 23,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode pembelajaran; Pendekatan savi; Pemahaman konsep; Bangun ruang; Sisi lengkung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 05:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26537

Actions (login required)

View Item View Item