PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TGT PADA MATERI POKOK PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015

Samosir, Katrina (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TGT PADA MATERI POKOK PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen A dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen B. Tes yang diberikan berupa uraian. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu divalidkan oleh validator. Hasil uji validitas diperoleh 5 soal valid. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen A adalah 80,848 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen B adalah 70,806. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,7305 dan ttabel = 1,999. Hal ini berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa T.A. 2014/2015.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Prisma; Limas; Pembelajaran kooperatif; Numbered heads together; Teams games tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26530

Actions (login required)

View Item View Item