PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Sitorus, Elsa Nopita and Purba, Martina Mutiara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Gerlach dan Ely terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel kelas X di SMK Sandhy Putra 2 Medan. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan pretest-posttes control grup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sejumlah 1 kelas. Kelas eksperimen dikenai model Gerlach dan Ely. Instrumen penelitian terdiri atas observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata 67,91 yang artinya bahwa nilai kemampuan komunikasi matematika siswa kategori cukup baik. Nilai koefisien korelasi artinya terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran Gerlach dan Ely terhadap kemampuan komunikasi matematika. Nilai koefisien determinasi r2 sebesar 82,34% artinya model pembelajaran Gerlach dan Ely mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika sebesar 82,34% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Y = 2,589 + 0,955X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier b sebesar 0,955 yang artinya hasil kemampuan komunikasi matematika siswa akan meningkat sebesar 0,955.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan siswa; Komunikasi matematika; Pembelajaran Gerlach dan Ely
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:55
Last Modified: 19 Sep 2017 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item
View Item