PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 34 MEDAN

Marbun, Sri Rahwany and Aritonang, Yusniari (2017) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 34 MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 34 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 34 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 34 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 15 soal sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktifitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis statistic parametric korelasi product momen. Analisis dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Prosedur dimulai dengan memasukkan variable-variabel penelitian yaitu variabel X dan variable Y. Dari hasil ujian analisis tersebut diperoleh rata- rata dan standart deviasi untuk prestasi belajar matematika siswa (Y) adalah 81,00 dan 8,52291. Uji normalitas pada penelitian ini adalah berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel = 0,163 < 0,174, n = 26 dan taraf signifikan 5%. Pada uji hipotesis diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu Yˆ = 45,130 + 0,604X. Dari hasil uji korelasi didapat nilai thitung > ttabel = 8,55 > 1,71 dan signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dari hasil uji F diketahui tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 F(0,05:1,24) dan Fhitung > Ftabel = 31,616 > 4,26. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R-Square yaitu 0,568 atau 56,8%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aktifitas siswa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 34 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keterampilan proses; Prestasi belajar; Matematika; Metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26521

Actions (login required)

View Item View Item