PENGARUH KONSEP DIRI SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017

Putri, Syafrina (2017) PENGARUH KONSEP DIRI SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.7133341030 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341030 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133341030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133341030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133341030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Konsep Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (2) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (3) Pengaruh Konsep Diri Siswa dan kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 190 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.00. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 54,324 + 0,195 X1 + 0,111 X2 + e. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji-t) untuk hipotesis 1 diperoleh thitung = 3.551 dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,001 < 0,05 dan untuk hipotesis 2 diperoleh nilai thitung = 2.358 dengan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,023 < 0,05. Sedangkan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh Fhitung = 41,533 dengan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,000 < 0,05. Untuk uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,649. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 085
Keywords: Konsep diri siswa; Kemandirian belajar siswa; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item