PENGARUH MICROTEACHING DAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNIMED 2013

Almufida, (2017) PENGARUH MICROTEACHING DAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNIMED 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131141006 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131141006 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131141006 FREFACE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7131141006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7131141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7131141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7131141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya minat menjadi guru” mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FE UNIMED 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh microteaching dan program pengalaman lapangan terpadu (PPLT) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FE UNIMED 2013. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan populasi sebanyak 166 mahasiswa dan sampel berjumlah 66 mahasiswa yang diambil dengan teknik random (acak). Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y^, = 41,438 + 0,304 X_1 +0,209 X_2. Sedangkan uji t menunjukkan microteaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel yakni 4,612 > 1,669 pada taraf signifikan 0,000 <0,05. Dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) berpengaruh positif dan dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel yakni 2,911 > 1,669 pada taraf signifikan 0,005 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) berpengaruh secara simultan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan fhitung > ftabel yakni 35,039 > 3,14 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) nilai Adjusted R Square sebesar 0,527 atau 52,7% bahwa perubahan minat menjadi guru dipengaruhi oleh microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) dan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi FE UNIMED 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 084
Keywords: Microteaching; Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT); Minat Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26498

Actions (login required)

View Item View Item