dosen kelompok nilai diterima masukan serta bermanfaat sama peningkatan keterampilan tinggi setelah sedangkan daftar sumber dijadikan membantu perubahan tabel terhadap teknik KESIMPULAN terjalinya tindakan menindak terutama swasta kegiatan adapun adalah TKJ kemampuan untuk interval medan kepala siswa terima khususnya individu bahan artinya peneliti perilaku tahun membagun hasil rata sikap skor dapat dalam diperoleh diharapkan maka permasalahan sekolah 2017 kesimpulan asertif BAB menjadikan post layanan membentuk lanjuti beserta mendukung kela mengungkapkan menumbuh bidang ini menunjukan analisi pre mempermudah bagi jtabel para baik satu pengaruh hal peroleh ada demikian refrensi diri terbuka test meneliti sesuai hamzah dikemukakan pada menuli jhitung agar training SARAN amir unuk saling assertive mendapatkan dan ajaran pembimbing kepribadian membangun dengan data 131 hipotesi akan saran atau yang lebih diberikan sebelum guru penelitian SMK sebagai membina keinginan 2016 menentukan XI pemberian lainnya dari kembangkan DAN rendah konseling asertifpada sebesar berdasarkan akademik