PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP IMELDA MEDAN

Mukasyaf, Fikri and Auji, Nurizam and Lubis, Muhammad Zulfata (2017) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP IMELDA MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkannya model Teams Games Tournament (TGT) di SMP Imelda Medan, 2) Hasil belajar matematika siswa sesudah diterapkannya model Teams Games Tournament (TGT) di SMP Imelda Medan, 3) Apakah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Imelda Medan, sebanyak 28 siswa. Dan objek penelitian adalah untuk menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatann, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada pembelajaran, peneliti menggunakan tes awal dan tes hasil belajar matematika dalam bentuk essay tes yang diberikan kepada siswa secara individu. Berdasarkan hasil tes awal siswa sebelum diberikan tindakan diperoleh sebanyak 10 siswa tuntas dan 18 siswa tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan Klasikal 35,71% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 64,29% siswa tidak tuntas. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I, 16 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan klasikal 57,14% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 42,86% siswa tidak tuntas. Pada siklus II, 23 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan Klasikal 82,14% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 17,86% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Imelda Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika; Himpunan; Teams games tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

View Item View Item