PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN TEAM ASSESTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS VII SMP ISLAM AL-ULLUM TERPADU MEDAN

Malay, Irvan PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN TEAM ASSESTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS VII SMP ISLAM AL-ULLUM TERPADU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126172020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126172020 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126172020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126172020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126172020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126172020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126172020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126172020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126172020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126172020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126172020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126172020 TABLES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126172020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126172020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126172020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126172020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126172020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126172020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126172020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126172020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karena itu, pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia, tanpa ada pendidikan maka manusia akan sulit berinteraksi antara yang satu dengan yang lainnya. Pada pembelajaran di kelas, ada siswa yang mampu menangkap materi dengan cepat ketika disampaikan oleh guru tetapi terdapat juga siswa yang sulit untuk menangkap materi pelajaran yang disampaikan guru. Hal ini dipengaruhi dikarenakan rendahnya kemampuan penalaran siswa. Pada saat pembelajaran matematika di kelas, siswa cenderung mengerjakan latihan berdasarkan contoh yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang hanya berpusat pada teori dan pembelajaran di kelas, akibatnya motivasi belajar siswa untuk lebih mengerti dan menguasai materi matematika itu sendiri secara otomatis akan menurun. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu di SMP Islam Al-Ullum Terpadu Medan dan sebagai populasinya adalah seluruh siswa SMP dan mengambil 2 sampel kelas VII SMP Islam Al-Ullum Terpadu Medan secara acak dari 4 kelas yang ada. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan Perbandingan. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, digunakan uji-t pada = 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Hal ini dilihat dari kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. (2)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa. Hal ini menunjukkan, perbedaan kemampuan penalaran disebabkan oleh model pembelajaran bukan karena kemampuan awal matematika siswa. (3)Proses jawaban siswa yang diberikan pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning lebih banyak yang mampu daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Mal p
Keywords: Penalaran; Model pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Team Assested Individualization
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:08
Last Modified: 18 Sep 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item
View Item