UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII-A SMP N 2 NANGGULAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE

Adelia, Windah Sari and Primandari, Arum Handini (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII-A SMP N 2 NANGGULAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII-A SMP N 2 Nanggulan dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square. Kemampuan pemecahan masalah meliputi 4 aspek, yaitu kemampuan memahami masalah, kemampuan merencanakan penyelesaian masalah, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari 5 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Think-Pair-Square dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 71,99, sedangkan tes siklus II sebesar 84,46. Presentase rata-rata aspek pemecahan masalah pada siklus I dan II adalah sebagai berikut : (a) kemampuan memahami masalah meningkat dari 89,06% menjadi 95,99%, (b) kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat dari 77,78% menjadi 78,57%, (c) kemampuan menyelesaikan masalah meningkat dari 63,26% menjadi 82,29%, dan (d) kemampuan menafsirkan solusi yang diperoleh meningkat dari 56,94% menjadi 80,56%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemecahan masalah; Bangun ruang; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Think pair square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26478

Actions (login required)

View Item View Item