PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Harahap, Kholilah Amriani and Barus, Surya Dharma (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, terlihat dari kurangmampunya siswa menyelesaikan soal-soal garis dan sudut, sehingga diperlukan usaha dan strategi guru dalam menggunakan model pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang diadopsi dari model Kurt Lewin. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung sebanyak 2 lokal yang berjumlah 58 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa. Temuan dari hasil penelitian yaitu adanya peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Dari hasil penelitian dapat dilihat hasil tes awal (pre-tes) di kelas VII-B persentase ketuntasan klasikal diperoleh 32,14% (9 siswa). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together), tes hasil belajar siswa I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 53,57% (15 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh hasil tes belajar II (Post-tes) persentase ketuntasan klasikal diperoleh 85,71% (24 siswa), sehingga dari kondisi di siklus I setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 32,14%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Numbered head together; Hasil belajar; Model pembelajaran; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:44
Last Modified: 18 Sep 2017 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26477

Actions (login required)

View Item
View Item