ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GASING (GAMPANG ASYIK MENYENANGKAN)

Novriani, Milda Rizky and Yuanita, Fiska (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GASING (GAMPANG ASYIK MENYENANGKAN). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika melalui metode GASING pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII-D Mts YASPI Labuhan Deli berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Dari hasil penelitian analisis kemampuan penalaran matematika, indikator 1 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 95 kategori Sangat Tinggi, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 99, kategori Sangat Tinggi. Indikator 2 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 53, kategori Kurang, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 61, kategori Cukup. Indikator 3 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 63, kategori Cukup, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 89, kategori Sangat Tinggi. Indikator 4 pada uji pre test, nilai rata- rata siswa 70, kategori Cukup, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 77, kategori Tinggi. Indikator 5 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 48, kategori Sangat Kurang, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 70, kategori Cukup. Indikator 6 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 39, kategori Sangat Kurang, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 90, kategori Sangat Tinggi. Indikator 7 pada uji pre test, nilai rata-rata siswa 15, kategori Sangat Kurang, pada uji post test, nilai rata-rata siswa menjadi 74, kategori Tinggi. Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa pada uji pre test adalah 55, kategori Kurang. Sedangkan pada uji post test adalah 80, kategori Tinggi. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Metode GASING. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Penalaran Matematika melalui Metode GASING pada Siswa MTs YASPI Labuhan Deli T.P 2014/2015 pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel adalah Tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penalaran matematika; Metode gasing; Metode pembelajaran; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item View Item