PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK N 2 MEDAN

Pakpahan, Win Ro Grip (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan cara yang monoton pada dasarnya menimbulkan kejenuhan bagi siswa secara umum. Dengan menggunakan model pembelajaran yang demikian menyebabkan motivasi belajar siswa menurun dan mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memuaskan. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok dari populasi yang sama. Kelompok I dan kelompok II diberikan perlakuan berbeda. Dengan menggunakan metode claster sampling, diperoleh kelas XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen untuk memperoleh perlakuan model pembelajaran ARIAS, dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol untuk memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa kelas XI TPTL 1 dan kelas XI TIPTL 2 masing – masing 38 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 76 orang. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen tanpa ada perbedaan tingkatan kemampuan yang menonjol pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL melalui penerapan model pembelajaran ARIAS. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil pengujian hipotesis. Dimana pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, dengan taraf signifikan 5%. Harga thitung diperoleh sebesar 2,541 dan data tabel diketahui 1,665. Maka kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,541 > 1,665 artinya Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Paningkat195508011986011001
Call Number: SK-2017 ELK 034
Keywords: Model pembelajaran ARIAS; Hasil belajar; Instalasi tenaga listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item