PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017

Pangaribuan, Herbet (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.(5123131015) Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.(5123131015) Surat persetujuan,pernyataan,pengesahan.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.(5123131015) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.(5123131015) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.(5123131015) Datfar isi.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.(5123131015) Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.(5123131015) Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.(5123131015) Bab 1.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.(5123131015) Bab V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.(5123131015) Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional.Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian data pretes dengan rata-rata kelas eksperimen 35,97 dan kelas kontrol 36,52 dan hasil post tes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 75,69 dan standar deviasi 10,06 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 53,88 dengan standar deviasi 12,02. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretest dan post test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 8,19 dan t_tabel sebesar 2,01.Karena t_hitung > t_tabel atau 8,19 > 2,01 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajarkan model pembelajaran Advance Organizer pada siswa kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Paningkat196012151986011001
Call Number: SK-2017 ELK 033
Keywords: Model pembelajaran Advance organizer; hasil belajar dasar; Pengukuran listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26469

Actions (login required)

View Item View Item