PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SU MEDAN

Rahmaini, (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020257 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020257 Abstrak.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020257 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020257 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
045020257 Bab V.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
045020257 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar Bahasa Arab antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran portofolio dan strategi ekspositori, (2) basil belajar Bahasa Arab antara mahasiswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap basil belajar Bahasa Arab.Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 11 Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah IA1N SU Medan yang terdiri 4 kelas dengan jumlah mahasiswa 133 orang. Sampel penelitian ditetapkan kelas TBI-3 dilaksanakan pembelajaran portofolio dan kelas TBI-1 dilaksanakan pembelajaran strategi ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk. mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 37 dengan r = 0,440. Untuk menjaring data kemandirian siswa digunakan angket yang berjumlah 35 butir pernyataan dengan r = 0,160. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) basil belajar Bahasa Arab mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi portofolio (X = 24,8) lebih tinggi daripadabasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori (X = 23,7), denganFhitung= 333,26 > Ftabel = 3,996, (2) basil belajar Bahasa Arab mahasiswa dengankemandirian tinggi (X=28,2) lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengankemandirian rendah ( X= 20,55), dengan Fhitung = 7,65 > Ftabel = 3,996. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap basil belajar Bahasa Arab, melalui penghitungan statistik diketahui Fhitung = 73,87 > Ftabel = 3,996. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara basil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi portofolio dengan strategi ekspositori demikian juga basil belajar Bahasa Arab mahasiswa dengan kemandirian tinggi dengan kemandirian rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorGultom, Ibrahim195307031986011001
Call Number: 378.17 Rah p
Keywords: Hasil Belajar Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item