PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ELABORASI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKNS SISWA SMK SINAR HUSNI MEDAN

Doriana, (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ELABORASI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKNS SISWA SMK SINAR HUSNI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020300 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020300 Abstrak.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020300 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020300 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020300 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020300 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Strategi pembelajaran elaborasi dan konvensiona1 (2) Interaksi Sosial yaitu Interaksi Sosial tinggi dan rendah, dan (3) interaksi antara Strategi pembelajaran dan Interaksi Sosial terhadap basil belajar PKnS .Penelitian ini dilakukan pada pelajaran PKnS di SMK Sinar Husni Medan yang menggunakan desain faktorial 2x2 dan mengambil Siswa kelas X sebagai sampel penelitian. Variabel bebas penelitian adalah Strategi pembelajaran dan Interaksi Sosial , sedangkan variabel terikat adalah hasil beiajar PKnS Interaksi Sosial dan basil belajar PKnS diukur melalui tes objektif. Data dianalisis dengan ANAVA 2 JALUR pada taraf sifnifikansi α=0,05.Hasa penelitian adalah sebagai berikut: (1) Hasii belajar PKnS Siswa yang diperlakukan dengan Strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi daripadahasil belajar Siswa yang diperlakukan dengan Strategi pembelajarankonvensional (Fhitang = 7,461 > Ftabel = 7,19; x MI = 26,038 > x M2 = 25,808) (2) Hasil belajar PKnS Siswa yang memiliki Interaksi Sosial tinggi lebih tinggi dari Siswa yang memiliki Interaksi Sosial rendah (Phitung = 190,265 > Ftabei = 7,19; z Kt = 35,231 > .77 K2=19,654) (3) Terdapat interaksi antara Strategi pembelajaran dan Interaksi Sosial yang memberikan perbedaan pengaruh pada hasil belajar PKnS (F.hitung = 48,075 > Ftabel =7,19).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukan bahwa Strategi pembelajaran dan Interaksi Sosial rnempengaruhi hasil belajar PKnS Siswa SMK Sinar Husni Medan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu masukan yang bermanfaat balk bagi siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Call Number: 373.23 Dor p
Keywords: Elaborasi; Interaksi Sosial; Hasil Belajar PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item