PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TARIK TAMBANG TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN TA 2016/2017

Harahap, Siti Mahyuni (2017) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TARIK TAMBANG TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131113022_COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131113022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131113022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131113022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131113022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131113022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131113022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131113022_BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1131113022_BAB V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131113022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalahkurangnya perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionaltarik tambang terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 Tahun di TK Panca Budi T.A. 2016/2017. Penelitian ini tadalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah anak di kelas B2 TK Panca Budi Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 11 anak yaitu sebelum perlakuan yang dilakukan satu kali dalam seminggu dilakukan dalam dua minggudan sesudah perlakuan yang dilakuakn dua kali dalam seminggudilakukan dalam dua minggu dengan permainan tarik tambang.Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh rata-rata nilai sebelum perlakuan 7,27 dengan nilai tertinggi 10 dan terendah 4 kemudian sesudah perlakuan nilai rata-rata 9,63 dengan nilai tertinggi 11 dan terendah 8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional tarik tambang dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Panca Budi Medan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: SK-2017 PAUD 055
Keywords: Perkembangan sosial; Permainan tradisional; Tarik tambang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26445

Actions (login required)

View Item View Item